Perawatan Gigi dan Gusi Yang dapat dilakukan di rumah

Perawatan kesehatan gigi dan gusi perlu di lakukan secara rutin dan teratur setiap harinya, tak cukup  dengan hanya perawatan gosok gigi dan berkumur pada rumah anda bisa melakukan kunjungan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Akan tetapi anda bisa melakukannya dengan mudah setelah tahu caranya

Kesehatan gigi dan gusi yang optimal akan membuat anda lebih percaya diri didepan orang di balik itu ada banyak manfaat yang anda bisa dapatkan. Merawat gusi dengan baik akan meminimalisir resesi gusi yaitu dimana kondisi gusi melonggar dan membuat bakteri mudah masuk di sela sela gigi dan gusi.

Dikarenakan kurangnya dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi bakteri akan sangat mudah berkumpul di mu;ut dan juga bisa menyebabkan infeksi paru-paru dikarenakan kemungkinan bakteri yang ada di gigi masuk ke paru-paru lebih besar. Begitu pula adanya dengan peradangan bisa mengakibatkan penyakit jantung. Oleh karena itu merawat gigi dan gusi dengan baik mengurani resiko pkvgames terkena penyakit yang di akibatkan oleh gusi dan gigi.

Cara-cara mudah merawat gusi dan gigi dirumah

Merawat gusi dan gigi dengan rutin,kesehatan mulut akan terjaga dengan baik.

  1. Menggosok gigi dengan rutin , minimal 2x sehari, di pagi dan di malam hari
  2. Gunakan floss atau biasa di sebut benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak bisa di jangkau oleh gosok gigi
  3. Mouthwash direkomendasikan dengan catatan tidak berlebihan maupun tertelan.
  4. Pola makan yang harus di jaga untuk menghindari zat-zat perusak gigi yang menempel pada gigi anda

Baca juga Artikel Cara Mengatasi Gigi Kuning

Bahan alami yang manjur untuk merawat gigi dan juga gusi

Untuk memaksimalkan kesehatan gigi dan gusi anda, ada berbagai jenis bahan alami yang anda bisa gunakan , berikut untuk macam – macam bahannya

  • Kayu manis dan cengkeh

Kedua bahan ini dapat mengatasi bau mulut tidak sedap yang di akibatkan oleh gigi berlubang. Ambil 1 gelas air hangat lalu teteskan 15 tetes minyak kayu manis dan minyak cengkeh. Aduk hingga rata, lalu kumur 3 menit lalu buang airnya.

  • Air lemon

Air lemon mengandung asam nitrat yang berfungsi sebagai pemutih dan pembersih gigi. Caranya pun sangat mudah yaitu campurkan saja 1 sendok teh air hangat dengan 1 sendok jus lemon segar.lalu gunakan larutan tersebut untuk menggosok gigi selama 1 menit.

  • Peppermint dan minyak tea tree

Sudah mayoritas mengetahui bahwasanya daun mint bisa memberikan nafas yang segar. Cairan peppermint bisa di buat dengan mencampurkan 8 hingga 10 helai daun mint dengan 2 tetes minyak tea tree ke dalam cangkir air hangat. Kumur hinga beberapa menit, tapi jangan di telan ya.

  • Air dan garam

Nah banyak nih yang menyelepekan 2 hal ini, larutan air dan garam bahkan direkomendasikan oleh dokter sebagai larutan ampuh untuk membersihkan mulut dan membantu atasi radang gusi. Kumurlah larutan tersebut 2 sampai 3 menit untuk mendapatkan hal yang maksimal.

Melakukan perawatan gigi harus di iringi dengan pasta gigi yang tepat untuk gusi anda.

Begitulah untuk cara merawat gigi anda dirumah sendiri, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut, gusi dan juga giginya ya.

Baca juga artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Gigi Berlubang.

Tags: , , , , , ,

Gigi sakit? Karies atau Gigi berlubang?

Tidak semua gejala sakit gigi identic dengan gigi berlubang ada juga yang Namanya karies gigi

Karies gigi dan gigi berlubang adalah gangguan rongga mulut yang berhubungan, cukup sulit untuk membedakannya sehingga anda bisa menangani hal ini secara tepat

Lubang pada gigi tandanya ada karies dan gigi berlubang

Adanya karies gigi dan gigi berlubang akan terlihat sama, yaitu munculnya lubang kecil yang tidak terlihat pada gigi. Pada saat mengkonsumsi makanan manis, bakteri di mulut akan mengubah zat gula menjadi asam. Timbunan asam pada gigi akan berubah menjadi plak yang berwarna putih, kuning, cokelat, atau kehitaman. Asam pada plak ioni lah yang akan membuat gigi anda berlubang semakin besar nantinya.

Baca juga Artikel Cara Mengatasi Gigi Kuning

Sedangkan gigi berlubang adalah gangguan gigi yang hampir dialami oleh segala usia baik anak-anak maupun orang dewasa. Gigi berlubang bisa terjadi dikarenakan ada penumpukan bakteri pada gigi dikarenakan terlalu sering mengkonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik. Gigi berlubang dapat menjadi infeksi apabila tidak ditangani dengan baik.

Karies gigi mengikis gigi dan akan mengakibatkan fatal pada gigi

Karies gigi merupakan rusaknya struktur serta lapisan pada gigi , karies gigi biasanya di awali dengan enamel yang terkikis oleh asam yang terbentuk oleh sisa makanan yang  menempel di gigi, apabila karies gigi tidak ditangani maka dapat menyebabkan kerusakan gigi semakin parah.

Karies Gigi adalah penyebab utama timbulnya gigi berlubang hingga infeksi pada gigi

Baca juga artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Gigi Berlubang

Gigi berlubang berawal dari karies gigi yang dibiarkan dan tidak ditangani secara benar. Enamel yang rusak hingga ke lapisan dentik adalah proses gigi berlubang, pada awalnya anda akan merasa ngilu selteah mengkonsumsi makanan panas,dingin maupun manis

Lama kelamaan, gigi berlubang yang sudah parah bisa menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Penanganan gigi berlubang dapat di lakukan oleh dokter yang berpengalaman, biasanya gigi akan dilakukan penambalan gigi berlubang oleh dokter gigi jika tidak di atasi gigi berlubang akan membesar dan dapat menginfeksi seluruh gigi.

Cara mencegah karies gigi dan gigi berlubang sedini mungkin

Karies gigi merupakan kerusakan struktur gigi yang belum terjadi secara signifikan jadi anda tidak perlu melakukan penambalan gigi jadi anda bisa mengecek kondisi gigi anda setiap 6 bulan sekali di dokter gigi anda untuk memeriksa kondisi gigi dan juga mencegah berbagai masalah gigi dan mulut.

Selain itu, anda wajib menyikat gigi secara rutin setiap hari untuk mencegah gigi berlubang dan juga untuk kesehatan mulut dan gigi anda, dan gunakan floss agar dapat membersihkan sela-sela gigi yang tidak bisa di jangkau oleh sikat gigi

Nah itulah untuk penyebab karies gigi dan cara penanganannya semoga artikel kali ini membantu anda agar bisa membedakan mana karies gigi dan mana gigi berlubang dan cara menanganinya, stay healty.

Baca juga artikel Sikat gigi Elektrik atau sikat gigi manual?

Tags: , , , , , ,

Sikat gigi Elektrik atau sikat gigi manual?

Kemajuan di era globalisasi saat ini hanya bisa kita terima perkembangan seperti smartphone maupun pc, tapi juga ada pada sikat gigi, seperti contohnya sikat gigi elektrik yang diciptakan untuk sikat gigi bebas pegal. Dan belakangan ini sikat gigi elektrik menjadi sikat gigi yang popular dan di anggap lebih membersihkan gigi secara optimal. Apakah benar?

Perbedaan sikat gigi elektrik dan manual

Sikat gigi menggunakan baterai untuk berkerja sebaliknya dengan sikat gigi manual, anda tidak perlu capek-capek dalam menggosok gigi anda, anda hanya perlu menggunakan sikat gigi elektrik dan bergerak secara otomatis.

Sikat gigi elektrik biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur, di antaranya adalah sensor tekanan dan juga timer. Sensor tekanan akan memberitahu and ajika anda menyikat gigi terlalu keras. Sehingga anda bisa saja merusak email dan melukai gusi.

Baca juga Artikel Cara Mengatasi Gigi Kuning

Timer akan membantu anda untuk mengetahui berapa lama anda menggosok gigi di satu sisi. Dalam waktu 30 detik sikat gigi akan berhenti sebagai indikasi pengguna telah selesai menyikat gigi jadi anda menggosok gigi anda secara seimbang.

Keunggulan Sikat Gigi elektrik

  • Sangat membantu bagi anda yang mengalami gangguan fisik

Orang yang memiliki kemampuan gerak bahu,lengan dan tangang yang terbatas bisa mendapatkan keuntungan lebih dari sikat gigi elektrik.jadi anda tidak perlu bergerak terlalu aktif ketika menggunakan sikat gigi elektrik ini dan siapapun bisa menggunakan sikat gigi ini

  • Lebih efektif dalam mengurani plak dan juga gingivitis.

Di bandingkan sikat gigi biasa, sikat gigi elektrik terbukti ampuh mengurangi plak hampir 21% dan menurunkan resiko gingivitis, atau biasa di sebut dengan radang gusi hingga 11%, berdasarkan penggunaan 3 bulan rutin, terutama dengan menggunakan sikat gigi elektrik yang menggunakan fitur rotation oscillation

Jika seseorang dapat menyikat gigi dengan cara yang tepat, maka menggunakan sikat gigi manual tidak ada masalah jadi tidak perlu mengganti dengan sikat gigi elektrik,

Dengan Teknik yang benar, anda sebenarnya tidak perlu menghabiskan uang lebih banyak dengan membeli sikat gigi elektrik. Cara menyikat gigi yang benar ialah dengan menyikan gigi hingga mendekati area gusi agar plak dan kotoran yang tersembunyi bisa di singkirkan. Sikatlah dengan gaya memutar agar tidak melewatkan bagian yang tidak bersih dan juga hindari gosok gigi terlalu keras agar tidak merusak enamel pada gigi maupun gusi.

Baca juga Artikel Cara Mencegah Dan Mengobati Gigi Berlubang

Sikat gigi elektrik adalah alat yang dimana anda bisa mempermudah kegiatan membersihkan gigi, tapi dengan sikat gigi manual dengan memiliki bulu sikat halus dan di desain dengan tepat, anda ddapat membersihkan gigi anda dengan lebih efektif. Tentu saja dengan menggunakan sikat gigi yang benar.

Pada akhirnya, sikat gigi manual maupun elektrik, yang terpenting adalah bagaimana anda menyikat gigi anda dengan baik dan benar dan pastikan metode apapun yang anda gunakan pastikan gosok gigi yang benar dan juga jangan lupa dengan pembersih lidah yang terdapat pada gosok gigi agar selalu menjaga nafas anda tetap segar.

Tags: , , , , , , ,

Cara Mengatasi Gigi Kuning

Mayoritas orang terlahir dengan warna gigi gading, namun ada beragam warna yang ada secara alami, mulai dari kuning hingga abu-abu. Warna gigi anda ditentukan oleh DNA sama  halnya dengan DNA yang menentukan warna mata maupun rambut. Meskipun begitu masih banyak orang yang memiliki gigi kuning.

Warna kuning pada gigi bukanlah tanda dari buruknya kesehatan mulut, namun warna kuning pada gigi biasanya adalah kebiasaan buruk pada perawatan gigi. Jika tidak mencari cara bagaimana mengatasi gigi kuning dengan segera, maka akan berdampak pada kerusakan gigi.untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi baiknya kita mengetahui apa penyebab gigi kuning

  1. Gigi yang tidak bersih

Plak gigi yang menimbun adalah salah satu penyebab utama noda pada gigi. Plak gigi muncul dikarenakan berbagai hal. Mulai dari menumpuknya jaringan ludah, bekas makanan yang tidak dibersihkan. Semakin lama anda tidak membersihkan gigi semakin tebal juga plak pada gigi dan juga gusi anda.

Pastikan anda selalu gosok gigi dua kali sehari dan menggunakan floss sehari sekali dan berkumurlah dengan menggunakan mouthwash antiseptic untuk menghilangkan bakteri

  • Kerusakan Email Gigi atau enamel

Biasanya seiring usia bertambah gigi akan menguning dikarenakan pada akhirnya email gigi melemah, proses pelemahan pada enamel gigi ini merupakan hal yang wajar. Meskipun demikian anda bisa mengurangi kelajuan pelemahan enamel pada gigi dengan menjaga kesehatan pada gigi. Perbanyak menggunakan sedotan. Jadi kandungan asam tidak langsung mengenai gigi anda .

  • Kebiasaan minum kopi dan the

Kopi dan the memiliki kandungan zat yang dapat mengubah warna pada gigi. Kopi dan the memiliki kandungan yang bernama tannin dan itu mengakibatkan gigi menjadi kuning. Tannin akan menempel pada lapisan gigi terluar. Lama kelamaan gigi anda akan berubah menunging seiring berjalannya waktu. Dan lebih mengejutkan ternyata teh hijau memiliki tannin yang lebih tinggi di bandingkan kopi, sehingga teh lebih cepat membuat gigi menguning dibandingkan kopi.

  • Kebiasaan merokok

Rokok identic dengan kesehatan pada pernafasan akan tetapi bukan cuman hal itu , rokok juga menjadi penyebab kuningnya gigi anda, dikarenakan rokok mengandung zat yang Namanya nikotin dan tar , kedua zat tersebut biasanya menempel pada gigi dan menumpuk dalam waktu yang sangat cepat apalagi kepada perokok aktif, maka gigi akan menghitam setelah bertahun tahun nantinya.

  • Fluoride dan obat kumur yang berlebihan

Fluoride yang ada pada pasta gigi bermanfaat melindungi gigi namun apabila terdapat fluoride kebanyakan akan menyebabkan gigi menguning. Hal itu di sebut dengan sebutan fluorosis. Selain itu obat kumur pun bisa menyebabkan gigi menguning jika digunakan terlalu banyak. Hal ini di sebabkan oleh obat kumur yang mengandung asam.

  • Obat-obatan dan Antibiotik

Ada beberapa jenis obat-obatan dan antibiotic yang bisa menyebabkan gigi menguningg, contohnya jenis obat tetracycline dan doxycycline. Dan masih banyak obat-obatan yang mengandung zat yang bisa membuat gigi menguning.

Cara menghilangkan Gigi kuning

Umumnya, mengatasi gigi kuning yang belum terlalu parah bisa dilakukan dengan cara menggosok gigi secara rutin,kebiasaan ngopi dan merokok juga harus di kurangi, serta membatasi asupan makanan asam maupun manis.

Melakukan gosok gigi dan berkumur secara tidak berlebihan pastikan gigi selalu terjaga. Namun apabila gigi sudah parah hingga kecoklatan maka harus di lakukan tindakan ekstra yaitu

  1. Pemutih gigi

Apabila gigi anda sudah kuning hingga kecoklatan maka biasanya dokter gigi akan menyaranan melakukan pemutihan gigi. Pemutihan gigi biasanya di sebut dengan kata bleaching, untuk membersihkan plak gigi , sela sela gusi dan bahkan bsisa untuk membersihkan karang gigi dan mencegahnya merusak gigi.

  • Laser

Cara lain memutihkan gigi kuning adalah menggunakan metode laser , metode ini lebih cepat dan lebih mahal daripada menggunakan metode pemutih gigi, laser akan di tembakan ke gigi yang sudah di berikan zat pemutih. Biasanya gigi akan putih secara instan

Nah begitulah untuk penyebab gigi kuning dan bagaimana cara mengatasinya, selalu ingat untuk membersihkan gigi ya teman-teman agar menghindari kerusakan pada gigi

Tags: , ,

Cara Mencegah Dan Mengobati Gigi Berlubang

Siapa sih yang mau gigi rusak? Sakit gigi, nafas tak sedap dan gigi pada berlubang bahkan dapat kehilangan gigi. Hal ini biasanya dialami oleh banyak orang Indonesia tentunya dan dapat terjadi di semua usia.

Apa penyebab Kerusakan gigi?

Kerusakan gigi adalah proses dimana terjadi pengikisan gigi secara bertahap , apabila tidak di obati maka akan tumbuh lubang pada gigi berlubang , bakteri akan bertumpuk di dalam mulut yang biasanya disebut plak gigi. Setiap kali anda memakan makanan yang manis bergula atau bertepung plak menjadi lebih lengket dan apabila di biarkan, cepat atau lambat ini akan mengakibatkan gigi berlubang.

Apabila lubang ini semakin dalam, maka ini bisa menembus lapisan gigi halus. Dan apabila terus di biarkan maka akan terjadi kerusakan gigi dan bisa berakibat kehilangan gigi.

Gejala-gejala kerusakan gigi

Hal ini bisa di tandai dengan adanya titik hitam atau cokelat pada gigi tapi lebih jelas menggunakan mesin X-Ray. Karna itu jangan lewatkan pemeriksaan gigi ya. Dan juga kerusakan gigi ini bisa di tanai dengan

  • Nafas tak sedap terus menerus atau rasa tak enak di mulut
  • Rasa sensitive pada gigi
  • Rasa sakit apabila gigi kontak dengan makanan atau minuman panas, dingin dan bergula
  • Warna putih pucat pada gigi

Cara merawat kerusakan gigi dan juga berlubang

Hal ini tergantung dengan tingkat keparahan pada gigi, dokter gigi biasanya akan melakukan hal berikut ini :

  • Memberikan pasta dan pernis fluoride

Ini hanya efektif untuk pencegahan atau lubang pada gigi masih sangat kecil

  • Menambal gigi yang rusak, memasang mahkota atau topi gigi, bergantung kepada besar kecilnya dalamnya lubang
  • Melakukan perawatan saluran akar apabila gigi sudah mengalami peradangan. Hal ini di lakukan untuk menghilangkan bakteri dari akar menutup rapat gigi dan menambalnya.

Cara mencegah gigi berlubang

Cara yang paling mudah dan bisa di lakukan oleh setiap orang adalah mencegah penimbunan plak. Plak gigi menumbuh secara konstan, jadi wajib yang Namanya membersihkannya setiap hari/ di karenakan penting untuk melakukan rutinitas kesehatan mulut dengan ketat:

  • Kurangilah minuman yang mengandung gula dan juga makanan yang bertepung.
  • Jangan menggunakan dental sealant
  • Gosok gigi setidaknya dua kali sehari minimal 2 menit
  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk melakukan perawatan gigi
  • Pastikan anda menggunakan Floss sehari sekali penting untuk membersihkan area gigi yang sulit di jangkau, dimana akan ada penimbunan bakteri nantinya.
  • Dan berkumurlah dengan menggunakan mouthwash yang bisa di temukan di toko terdekat

Hal ini dikombinasikan dengan pemeriksaan gigi rutin agar gigi anda akan senantiasa sehat dan kuat terbebas dari bakteri maupun lubang di gigi.